Home » » Excel dasar

Excel dasar

NeedsIndex.comRumus Microsoft ExcelKumpulan Rumus Excel Lengkap – Siapa yang tidak kenal dengan Microsoft Excel atau MS Excel? Pengguna sistem operasi Windows pasti sering bergulat dengan aplikasi ini; terlebih bagi Anda yang bekerja di kantoran. Program pengolahan data dengan excel ini memiliki banyak fungsi dan rumus dalam mengoperasikannya.
Mungkin jika hanya berupa rumus MS excel sederhana sudah sering digunakan seperti fungsi perkalian, pengurangan, pembagian, dan penambahan. Namun, kemampuan Microsoft Excel ini sangat powerful sekali jika kita mengetahui rumus-rumus dan penggunaannya. Tidak perduli versi berapa yang Anda punya, Microsoft Excel 2003? 2007? 2010? 2011? 2013? atau yang terbaru Microsoft Excel 2016? Umumnya rumus fungsinya tidak banyak berubah hanya ada perbaikan dari sisi user interface atau melengkapi yang belum ada.
Satu atau lebih rumus Excel bisa mewakili operasi, fungsi atau konstanta tertentu. Fungsi merupakan fitur standar berupa formula untuk rumus Excel. Saking banyaknya fungsi/formula dalam rumus-rumus excel beserta fungsinya, tidak sedikit yang belum atau kurang mengerti bagaimana penggunaannya pada Microsoft Excel.
Kami sendiri terbiasa dengan sistem operasi OSX (sekarang versi 10.11.1 El Capitan) pada Macbook Pro. Meski demikian, kami tetap menggunakan Microsoft Excel for Mac dalam pengolahan data. Pertama agar lebih kompatibel mengingat penggunaan aplikasi Number (program di Macintosh seperti halnya Excel) di Indonesia masih terbatas.




 Ok, selama program yang Anda gunakan bernama Excel (kadang ada yang salah menuliskannya dengan exel saja  ), maka Anda wajib mengetahui rumus Microsoft Excel beserta contohnya. Perhatikan daftar rumus berikut ini.


1. SUM
Rumus atau fungsi atau formula SUM ini yang mungkin paling sering diterapkan. Fungsinya untuk menambah (SUM diambil dari SUMmary yang berarti total jumlah) atau menjumlahkan.
Contoh dalam menggunakan rumus/fungsi SUM:

2. AVERAGE
Rumus AVERAGE memiliki fungsi untuk mengetahui rata-rata suatu angka atau variable. Contoh penggunaan rumus average:
Contoh Penggunaan Rumus AVERAGE di MS Excel
Contoh Penggunaan Rumus AVERAGE di MS Excel
3. HLOOKUP dan VLOOKUP
Rumus HLOOKUP berasal dari kata H = Horizontal dan LOOKUP (melihat), berfungsi untuk menampilkan data dari suatu tabel yang tersusun dengan format horizontal atau mendatar. Syarat yang harus dipenuhi agar fungsi ini berhasil adalah dalam penyusunan tabel ; data WAJIB berurutan seperti dari A sampai Z atau dari 1 sampai 9 dst (dari besar ke kecil). Jika data yang Anda buat belum berurutan, sebaiknya diurutkan dulu dengan memilih menu Ascending.
Sedangkan rumus VLOOKUP adalah dari kata V = Vertical. Jika HLOOKUP melihat secara horizontal/mendatar, maka VLOOKUP melihat secara vertical atau menurun.

4. AND
Rumus AND berfungsi untuk menampilkan nilai TRUE saat semua argument yang di tes memiliki nilai BENAR dan nilai FALSE jika salah satu atau semuanya memiliki nilai SALAH.
5. NOT
Fungsi NOT adalah untuk memutar balik nilai argumennya. Penggunaan NOT hanya dilakukan jika Anda ingin sebuah kepastian tentang suatu nilai tidak sesuai dengan nilai tertentu. Contoh penggunaan rumus/fungsi NOT:
Contoh Penggunaan Rumus NOT di MS Excel
Contoh Penggunaan Rumus NOT di MS Excel
6. IF
Rumus atau Fungsi IF berguna untuk melakukan pengujian atas kebenaran suatu kondisi. Contoh penggunaan rumus IF:








Contoh Penggunaan Rumus IF di MS Excel            
7. CHOOSE
Rumus atau Fungsi CHOOSE digunakan dalam memilih 1 dari hingga 254 nilai berdasarkan jumlah indeks (jika menggunakan index_num = mengembalikan nilai daftar argumen nilai). Contohnya, jika nilai7 sampai nilai14 merupakan hari dalam 1 minggu, maka fungsi CHOOSE mampu mengembalikan salah satu hari ketika angka antara 7 dan 14 digunakan sebagai index_num. Contoh penggunaan rumus CHOOSE:
Contoh Penggunaan Rumus CHOOSE di MS Excel

8. AREAS
Rumus AREAS bergungsi untuk menampilkan berapa jumlah dalam suatu jangkauan atau area (sel atau range) pada salah satu referensi, bisa berupa alamat range atau alamat sel. Contoh penggunaan rumus AREAS:
Contoh Penggunaan Rumus AREAS di MS Excel
Contoh Penggunaan Rumus AREAS di MS Excel
9. OR
Rumus OR berfungsi menampilkan hasil TRUE jika terdapat argument yang memiliki nilai BENAR dan FALSE jika semua argument bernilai SALAH.

0 komentar:

Posting Komentar

cual cit pb murah cuman pake pulsa 10000rb permanet gan